Cara Membuat Hardsub Pada Video Dengan Virtual Dub

Di Pagi yang cerah ini Saya akan membagikan tutorial cara untuk membuat hardsub Pada Video. Semoga saja tutorial ini bisa membantu sobat  untuk membuat hardsub video.
sebelum ke tutorialnya saya akan jelaskan kegunaan masing-masing aplikasi [link download diakhir artikel]
-Virtual Dub, software untuk basic editing dan encoding video sebagian besar cocok untuk file type AVI
-VSFilter.dll, file ini berfungsi untuk menggabungkan video dengan subtitle sehingga menjadi hardsub. file ini tidak bias berfungsi sendiri, karena itulah dia bekerja sama dengan virtual dub untuk membuat hardsub.
-DirectShowSource.dll, fungsinya untuk memasukkan file video ke dalam software tertentu.
-Avisyth, software inilah yang membuat VirtualDub dapat memproses file avs.
-Xvid, software ini dapat mengubah type video dari flv/mp4 menjadi avi ataupun sebaliknya.

Sebelum memulai, sudah tahukah perbedaan softsub dan hardsub?! Softsub adalah subtitle yang filenya terpisah dengan videonya, format file softsub biasanya .srt atau .ass. File tersebut bisa kita edit sendiri isinya baik dengan notepad ataupun dengan software subtitle editing lainnya (aegisub, timer adjuster, etc). Sedangkan hardsub adalah subtitle yang sudah menempel/menyatu dengan file videonya menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Sub itu juga permanen dan tidak bisa kita edit.
Caranya:
1. Buka notepad, lalu ketik lokasi DirectShowSource.dll, VSFilter.dll, video dan subtitle yang akan disatukan disimpan. Formatnya seperti contoh dibawah ini. Jangan lupa samakan penulisan plugin (DirectShowSource dan VSFilter) dengan yang kalian punya, bisa saja beda dengan punya saya.


Lalu simpan, file namenya terserah tapi formatnya pastikan avs.
2. Setelah itu buka Virtual Dub, lalu open file avs yang tadi dibuat.

3. Hasilnya seperti ini. File video dan subtitlenya otomatis sudah bergabung di VirtualDub. Untuk mengeceknya, klik tombol kedua atau ketiga yang ditunjuk panah di kiri bawah.


 4. Langkah Selanjutnya, klik menu video > compression

 5. Pilih Xvid, selanjutnya ada 2 pilihan : bisa configure dulu atau langsung ok saja.

Jika pilih configure maka akan muncul kotak dialog seperti ini. Silakan setting terserah sobat. Settingan ini tentunya akan menentukan kualitas video dan size hasil encoding nantinya. Tapi jika sobat bingung langsung klik OK saja

6. Nah! Langkah terakhir yaitu simpan hasil kerjaannya dengan format avi klik save as AVI, biar cepat pencet tombol F7 saja. Setelah itu proses encoding dimulai akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Tunggu saja, prosesnya memakan waktu beberapa menit (tergantung filenya juga).

7. Selesai!!! Ini dia hasilnya…


Link Download

Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
27 Juni 2013 pukul 20.37 delete

kalo boleh tau, fungsi compression di tahap 4 sama 5 itu fungsinya untuk apa ya?
kalo misalnya mau gak merubah kualitas video & suaranya gimana?
makasih :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
28 Juni 2013 pukul 09.10 delete

@ira1204 fungsi no 4 itu untuk compress videonya, misal agan mengcompressnya biasanya filenya bisa menjadi 20GB+.
saya pilih xvid karna saat compressnya cepat.. saya sarankan agan untuk milih xvid.. karna cuma xvid yang compressannya paling kecil..
setalah agan compress dengan xvid biasanya filenya akan menjadi 300mb+[tergantung durasi,saya durasinya 24 Menit] tapi tenang saya punya aplikasi untuk compress videonya namanya cyko selain untuk compress cyko juga bisa ngecilin ukuran video dan audio tanpa menurunkan kualitas sedikitpun..
tadi ini saya sudah buat hardsub dengan virtual dub dan ukurannya 347mb saya compress dengan cyko ukurannya menjadi 52.3mb sangat kecil tanpa mengurangi kualitas video sedikitpun...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
30 Juni 2013 pukul 22.33 delete

aku udah download link yang diatas. nah, aku baru coba langkah pertama, yang bikin file avs.
waktu file nya aku load, itu error kayak di link ini: http://ira1204.files.wordpress.com/2013/06/virtualdub-error-1.png

nah, aku coba load video nya aja, muncul error kayak di link ini: http://ira1204.files.wordpress.com/2013/06/virtualdub-error-2.png

itu kenapa ya? apa ada kesalahan sama file avi nya?

Reply
avatar
Alfan Cahyadi
AUTHOR
1 Juli 2013 pukul 19.23 delete

aku udah berhasil buat, tapi kok audionya malah kacau..?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 Juli 2013 pukul 08.36 delete

Coba Download Aja dulu vsfilter dan directshowsourcenya
link sudah saya perbarui kalo masih tetap begitu... comment kembali!

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 Juli 2013 pukul 08.40 delete

Wah kalo itu sih saya gak tau mas...
karna sepengalaman saya Audionya gak pernah kacau..
coba mas lebih teliti lagi...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
15 Juli 2013 pukul 17.34 delete

udah aku coba lagi, masalahnya tetep sama.

apa yg perlu di install dulu?
kalau virtual dub tinggal di extract aja kan?

Reply
avatar
22 Juli 2013 pukul 20.01 delete

Waduh, mangstab bener gan, sukses 100% work di ane, thanks gan! Sukses selalu :D

Reply
avatar
Hendry
AUTHOR
11 Agustus 2013 pukul 05.36 delete

Bang, kok link download Avisyth-nya malah kebawa ke link download DirectShowSource.dll ??

Reply
avatar
26 Mei 2014 pukul 16.05 delete

wah,,ternyata mainin subtitle ribet banget yah

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 Juni 2014 pukul 20.58 delete

Obat Herbal: ya gitu dah gan..

Reply
avatar
Zhey
AUTHOR
30 Juni 2014 pukul 13.53 delete

gan mau tanya nih,

ini di tahap virtual dub nya..
nah Avs sudah terbentuk tuh, nah pas di open pakai virtualdub, eh virtualdub nya tertutup?

itu kenapa ya gan :D

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1 Agustus 2015 pukul 21.30 delete

LINK Mati :(

Reply
avatar

Komentar Anda Selalu Saya Cek Dan Baca.
Jika Ada Masukan Tolong Komen.
Jika Comment anda untuk memberi Masukan Akan Saya Tanggapin.
Maaf Jika Saya Lambat Dalam Respon Komen Anda EmoticonEmoticon